Hitungan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Simbolik Untuk Kepercayaan Diri Siswa Smp Negeri Bandung
Kata Kunci:
Kepercayaan Diri, Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling SimbolikAbstrak
Dalam penelitian ini mempunyai tujuan untuk dapat melihat hasil dari pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik untuk kepercayaan diri siswa, gambaran proses layanan, serta kendala yang dialami pada proses pelaksanaan layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk siswa dapat percaya diri terhadap diri mereka. Dalam penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan desain sekuensial explanatory digunakan dalam penilitian ini. Dalam penelitian sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel purposive sampling dan didapatkan 5 siswa sebagai sampel. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negri Bandung. Berdasarkan hasil output statistic yang telah diukur menggunakan bantuan SPSS Statistic versi 26 for windows diperoleh hasil dari uji paired sampel t-test terhadap nilai signifikansi dengan sebesar 0,000 < 0,05. Maka dari hasil yang sudah didapat setelah melakukan penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan tekniik modelling simbolik terhadap rasa percaya diri siswa memberikan pengaruh yang signifikan pada rasa percaya diri siswa.
Referensi
Lufita, S. (2021). Pengaruh Teknik Modeling Simbolik dalam Mengurangi Kenakalan Remaja Pada Siswa Kelas XI IIS di SMAN 5 Merangin. Doctoral Dissertation, Universitas Jambi.
Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).
Afiatin, T., & Martaniah, S. M. (1998). Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja melalui Konseling Kelompok. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 3(6), 66-79.
Alwisol, A. (2004). Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). Malang UMM Press, 2011.
Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa melalui Layanan Informasi Berbantuan audiovisual. Jurnal konseling GUSJIGANG, 2(2).
Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur melalui pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167-178.
Fahmi, N. N., & Slamet, S. (2016). Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 69-84.
Fatkuliza, Y., Gutji, N., & Sekonda, F. A. (2023). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Bertanya di Kelas melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Modeling di SMP Negeri 17 Kota Jambi. Journal on Education, 5(2), 2100-2111.













