Analisis Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kompetensi Pengurus Dan Pegawai Koperasi
DOI:
https://doi.org/10.4586/eksaccuracy.v1i2.19Keywords:
Pendidikan dan Pelatihan, Kompetensi.Abstract
Permasalahan Sumber Daya Manusia muncul karena kinerjanya tidak mampu memenuhi target dan harapan perusahaan, sedangkan untuk memenuhi target dan harapan perusahaan, masing-masing individu harus mempunyai pengetahuan dan ketrampilan secara ruhiyah, manusia sebagai sumber keberhasilan dalam peningkatan perusahaan dalam hal ini perbankan syariah harus mempunyai nilai-nilai ketauhidan, tanggungjawab, jujur dan keadilan dalam setiap kegiatannya baik secara pribadi maupun dalam operasional perusahaan. Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam pengadaan pelatihan adalah dengan memperhatikan korelasi dari tema pelatihan tersebut dengan pekerjaan yang diharapkan mampu memberikan dampak konkret bagi karyawan atau SDM dalam perusahaan tersebut. Pelatihan saja tidak cukup jika tidak dilakukan dengan efektif dan tepat sasaran, sehingga harus dilkukan tahapan yang terencana dan benar, selain itu terdapat beberapa faktor yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pelatihan tersebut yaitu : kesesuaian pelatihan dengan kebutuhan peserta dan evaluasi pelatihan. Untuk melihat dan menentukan kesesuaian pelatihan dengan kebutuhan peserta, maka perusahaan harus melakukan analisis kebutuhan pelatihan yang sistematis dan mendetail. Analisis organisasi merupakan tahapan umum yang perlu dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi dalam setiap bagian dari perusahaan dan menentukan apakah pelatihan yang akan dilakukan selaras atau sesuai dengan visi dan misis organisasi. Jika perusahaan tidak melakukan analisis organisasi secara mendalam, maka hanya akan membuang-buang waktu dan biaya, karena kesesuaian pelatihan dengan visi dan misi perusahaan merupakan hal yang krusia dan merupakan sasaran dari pelatihan yang akan dilakukan. Dengan demikian sudah dapat dipastikan bahwa materi pelatihan sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang sudah disesuaikan dengan visi dan misinya untuk mencapai target dan harapan yang telah ditentukan perusahaan yang terkait baik untuk jangka pendek, maupun jangka panjang.
References
Asnaini. 2008. Pengembangan Mutu SDM Perbankan Syariah: Sebagai Upaya Pengembangan Ekonomi Islam, Jurnal La_Riba Vol.II, No. 1.
Liza dan Suktiarti. 2013. Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha.
Nurbaeti, Nurul Eti. 2006. Analisis Penerapan Outsourcing rekrutmen dan pelatihan pegawai pada PT. Bank BNI, Tesis Universitas Indonesia, Jakarta.
Rifki Aditya, 2015. Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang). Skripsi.
Simandjutak, Rohana Dumaria. 2006. Analisis Proses Pelatihan Pengetahuan Produk Reksa Dana Mandiri Investa Kepada Para Petugas Frontliner Bank Mandiri, Tesis Universitas Indonesia, Jakarta.
Setiawan, Darma. 1998. Analisis Efektivitas Program Pelatihan Dibalai Latihan I struktur dan Pengembangan Cevest, Tesis Universitas Indonesia, Jakarta.
Mahastuti. 2004. Analisis Perencanaan Karir dan Pelatihan pada Peningkatan Kompetensi SDM Organisasi (Studi Kasus Pada Karyawan Kantor Meneg. PPN/ Bappenas), Tesis Universitas Indonesia, Jakarta.
Widiasih, Puti Archianti. 2006. Rancangan Program Analisis Kebutuhan Pelatihan Manajer Komersial & Tekhnologi di PT. XYZ, Tesis Univesitas Indonesia, Jakarta.













