Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pademi Covid-19 Pada SMPIT Babussalam Kabupaten Purwakarta

Penulis

  • Husen Dendi Universitas Islam Nusantara
  • Badruzaman M. Yunus Universitas Islam Nusantara
  • Ahmad Sukandar Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.3709/ilpen.v1i1.2

Kata Kunci:

Guru, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Daring.

Abstrak

Pembelajaran online (daring) mempunyai berbagai hambatan pada saat pelaksanaannya. Hambatan dalam pembelajaran daring yang dirasakan siswa antara lain karena bosan sehingga menurunkan minat belajar. Pembelajaran online (daring) pada masa pandemi Covid-19 sangat berpengaruh kepada minat belajar siswa Pada saat siswa belajar mandiri, pembelajaran kurang terarah sehingga tidak efektif. Pembelajaran online menyisakan banyak masalah, mulai dari kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dan juga kesiapan perangkat lunak maupun perangkat keras. Kondisi yang serba tidak menentu ini, tentu sangat berdampak bagi dunia pendidikan. Secara umum, pihak sekolah dan guru pendidikan Agama Islam dalam memotivasi belajar siswa di masa pendemi di SMPIT di Babussalam Purwakarta sebagai berikut: Pertama, Perencanaan sekolah yang berkaitan dengan upaya guru agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Babussalam Purwakarta antara lain;  Pertama, merumuskan visi sekolah, yakni: “Terwujudnya Generasi yang hafal Quran, berakhlak mulia, Berprestasi, Disiplin, dan Mandiri.” Sedang misi sekolah, yaitu: (1)  Membiasakan menghafal al-Qur’an 1 Baris -5 ayat per hari; (2) Membiasakan siswa dengan senyum, salam, Sapa, (3S); (3) Membiasakan shalat dhuha bagi peserta didik; (4) Pembiasaan K3 Sebelum KBM bagi peserta didik; dan (5) Membiasakan datang 15 menit sebelum KBM bagi peserta didik. Kedua,  Menyusun berbagai program sekolah selama satu tahun. Kedua, Pelaksanaan sekolah yang berkaitan dengan upaya guru agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di masa Pandemi Covid-19,  antara lain;  (1) Guru Mengelola Pembelajaran; (2) Guru Membimbing Siswa; (3) Guru sebagai Fasilitator bagi Siswa; (4) Guru sebagai Mediator bagi Siswa; dan (5) Guru sebagai Motivator Siswa. Ketiga, Kendala yang dihadapi  guru agama pendidikan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar Siswa di masa Pandemi Covid-19,  antara lain;  (1) Keterbatasan Guru dan siswa dalam penguasaan teknologi informasi, seperti handphone, dan computer; (2) Sarana dan prasaran yang terbatas, seperti Wifi, kuota, dan lain-lain; (3) Akses dan jaringan internet yang terbatas; dan (4) Keterbatan anggaran sekolah. Keempat, Solusi  yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, antara lain: (1) Memberi Nilai berupa Angka (Kuatitatif); (2) Kompetisi Siswa yang Sehat; (3) Menumbuhkan kepercayaan diri siswa (Ego Involvement); dan (4) Pujian (Reward) dan Hukuman (Panishmant) bersifat mendidik bagi Siswa. Kelima, Evaluasi yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, antara lain: (1) ranah kognitif, (2) ranah afektif, dan (3) psikomotorik.

Referensi

Amirul Isnaini. 2001. Mencegah Keinginan beberapa Daerah Untuk Memisahkan Diri dari Tegak Utuhnya NKRI, Jakarta: Lemhannas.

Arifin, Zainal, 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung. Penerbit Remaja Rosdakarya.

Abdul Majid. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ade Seunjana. 2016. Upaya Guru al-Quran Hadis dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan

Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, diunduh 18 Agustus 2021, pukul: 08.30 WIB.

Ahmadi, Abu. dan Tri Prasetya, Joko, 1997. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia.

Ahmad Tafsir. 2011. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anwar Sanusi. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis, Jakarta: Salemba Empat.

Abi Kusmo. 2003. Upaya Peningkatan Kopetensi Professional Guru Agama Islam di Era Globalisasi, Bandar Lampung: Fakta.

Ali Imron. 2014. Teori Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ardi Suhendi. 2018. Pandangan Al-Quran dan Hadis Terhadap Peran Guru, Skripsi, Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Tasikmalaya, diunduh 18 Januari 2022, pukul: 13.30 WIB.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bustanul Iman R. N. 2019. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menggunakan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jurnal Istqra, Vol 6 No 2 Maret 2019, diunduh 18 Januari 2022, pukul: 08.30 WIB.

Bunyamin, B. 2018. Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Ibn Miskawaih dan Aristoteles (Studi Komparatif). Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 9 No. 2 diunduh 20 Januari 2022, pukul: 08.30 WIB.

Dahlan Salim Zarkasyi. 1996. Empat langkah Pendidikan TK/TPQ Metode Qiro’ati Semarang: Yayasan Pendidikan Al-Quran Roudhotul Mujawwid.

Dian Dinar Praswanta. 2020. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Daring di Era Pandemi Covid-19 Skripsi, Skripsi Prodi Studi Pendidikan

Islam, Fakultas Agama Islam, diunduh 18 Januari 2022, pukul: 09.00 WIB.

Eliana. 2021. Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam Vol. 3, No. 1, 2021, diunduh 18 Januari 2022, pukul: 10.30 WIB.

E. Mulyasa. 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

Fauzi Lubis. 2020. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa, Jurnal Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, Vol. 9 Nomor 1 Maret-Agustus 2020, diunduh 17 Januari 2022, pukul: 19.30 WIB.

Hamzah B. Uno. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan Langgulung. 1992. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

HB. Amiruddin Maulana. 2001. Menjaga Kepantingan Nasional Melalui Pelaksanaan Otonomi Daerah Guna Mencegah Terjadinya Disintegrasi Bangsa, Jakarta: Lemhanas.

Hikmat. 2009. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Hamam Faizin. 2011. Mencium dan Nyunggi Al-Qur’an, Upaya Pengembangan Kajian Al-Qur’an Melalui Living Qur’an, Suhuf: Jurnal Pengkajian Al-

Qur’an dan Budaya, Volume 4 Nomor 1 2011, diunduh 17 Januari 2022, pukul 21.00 WIB.

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Hamdan Bakran Adz-Dzakiey. 2004. Prophetic Intelelligence; Kecerdasan Kenabian Menumbuhkan Potensi Hakekat Insani Melalui Pengembangan Kesehatan Ruhani_ Jogjakarta :Islamika.

Jemsly Hutabarat, Martani Huseini. 2014. Strategi: Pendekatan Komprehensif dan Terintegrasi Strategic Excellence dan Operational Excellence Secara Simultan, Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Karwati, E. dan Priansa, D. J. 2014. Manajemen Kelas (Classroom Management) Guru Profesional Yang Inspiratif, Kretatif, Menyenangkan Dan Berprestasi, Bandung: Alfabeta.

Kuntowijoyo. 2001. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Kisbiyanto. 2012. Manajemen Sekolah, Yogyakarta: Mahameru.

Lexi J. Moleon. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Luqman Hadi. 2019. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Studi Agama Islam, Vol 12 No. 2 2019, diunduh 18 Januari 2022, pukul: 19.30 WIB.

Muhaimin, dkk. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Radja Grafindo Persada.

Mulyono. 2011. Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad lobal, Malang, UIN-Maliki Press.

Moh Uzer Usman. 2003. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosada Karya.

Mudrajad Kuncoro. 2006. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif, Jakarta: Erlangga.

Muhammad. 2008. Metodologi Peneliian Ekonomi Islam, Jakarta: Rajawali Pers.

M. Dahlan R dan Rizcka Fatya Rahayu. 2021. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Pembalajaran Jarak Jauh, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah Vol. 6, No. 1, Januari-Juni 2021, diunduh 17 Januari 2022, pukul: 19.30 WIB.

Muhammad Alim. 2006. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran Dan Kepribadian Muslim, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mohammad Ali. 2008. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Majid, A., dan Andayani, D. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi:Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004: Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad Abu Bakar. 1981. Pedoman Pendidikan dan Pengajaran , Surabaya: Usaha Nasional.

Muhaimin, dan Mujib, A. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya: Yogyakarta: Trigenda Karya.

Muhibbin Syah. 1999. Psikologi Belajar, Jakarta: Logos.

Nana Sudjana. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Harapan.

Nana Sudjana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Nahlawi. 2000. Metode Pembelajaran Al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Jaya.

Surjanto. 2001. Mengatasi Gerakan Sparatis di Irian Jaya dengan Pendekatan Ketahanan Nasional, Jakarta: Lemhanas.

Siagian P. Sondang. 2004. Managemen Strategi, Jakarta: Bumi aksara.

Sanjaya, H. W. 2012. Perencanaan dan Desain Pembelajaran, Jakarta: Kencana.

Saiful Djamarah, dkk, 2000. Strategi Pemebelajaran Al-Qur’an, Jakarta: Aksara.

Sardiman, A.M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Syaiful Bahri Jamrah dan Zain, Aswan, 1996. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung, Alfabeta.

Sabri, H. A. (2010). Strategi Belajar Mengajar Dan Micro Teaching. Ciputat: Quantum Teaching.

Sufyarma. 2004. Kapita Selekta Manejemn Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sutipyo Ru’iya, dkk. 2021. Upaya Meningkatkan Minat Belajar siswa di Masa Pandemi Covid-19 melalui media komik, Jurnal CommunityEmpowerment, Vol.6 No. 6 2021, diunduh 17 Agustus 2021, pukul: 13.00 WIB.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakteik, Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2009. Metode PenelitianAdministrasi.EdisiRevisi, Bandung: Alfabeta.

____. 2013. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabet.

Syaiful Bahri Djamarah,. 2011. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Taufikurrahman. 2018. Aliran Rekonstruksionisme dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Islam; Konsep Pendidikan Mouhammad Iqbal, Jurnal Al-Makrifat Vol 3, No 2, Oktober 2018, diunduh 17 Januari 2022, pukul: 11.00 WIB.

Diterbitkan

2022-06-12