Pendekatan Andragogi Pada Proses Pembelajaran Di Institut

Authors

  • Ike Kurniati Universitas Islam Nusantara
  • Amit Saepul Malik Universitas Islam Nusantara
  • Arum Maslachah Universitas Islam Nusantara
  • Hendi Suhendraya Muchtar Universitas Islam Nusantara
  • Rita Sulastini Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.3709/ilpen.v1i1.5

Keywords:

Pendidikan orang dewasa (Andragogi).

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah: 1) memahami psikologi orang dewasa sebagai peserta didik; 2) memahami pengertian dan konsep pendidikan orang dewasa (andragogi); 3) mengetahui mahasiswa sebagai orang dewasa; 4) memahami penerapan pendidikan orang dewasa; dan 5) mengetahui hambatan penerapan pendidikan orang dewasa. Dengan menggunakan teori andragogi dalam kegiatan pembelajaran atau kegiatan belajar orang dewasa dalam rangka pengembangan atau realisasi pencapaian cita-cita pendidikan sepanjang hayat dapat diperoleh dengan dukungan penerapan strategi belajar yang sesuai. Andragogi membantu peserta didik untuk tumbuh dan dewasa. Dalam andragogi, keterlibatan orang dewasa dalam proses pembelajaran jauh lebih besar, karena sejak awal harus diadakan diagnosa kebutuhan, merumuskan tujuan, dan mengevaluasi hasil belajar serta melaksanakannya secara bersama-sama. Dengan karakteristik pembelajaran orang dewasa, salah satu strategi pembelajaran yang diterapkan adalah strategi pembelajaran partisipatif. Hambatan dalam penerapan teori andragogi ini diantaranya kurangnya sumber daya dan waktu atau peluang serta kurang siapnya psikologi atau mental pembelajar dewasa tersebut.

References

Budiwan, J. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogi). Vol. 10, No. 2.

Gustomi, A. (2021). Praktek Andragogi di Masyarakat. Madiun: CV. Bayva Cendikia Indonesia.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan Edisi Pertama. Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP.

Saiffudin, M. (2010). Andragogi: Teori Pembelajaran Orang Dewasa. Lampung: Dakultas Dakwah IAIN Raden Intan Lampung.

Salim, M. N. (2014). “Menuju Sistem Pendidikan yang Benar-Benar Mencerdaskan”, http://m.bisnis.com/amp/read/20140401/377/214387/menuju-sistem-pendidikan-yang-benar-benar-mencerdaskan, diakses pada 15 Desember 2021 pukul 08.44.

Sofiatun. (2019). Pendekatan Andragogi dalam Pembelajaran Santri Mahasiswa di Madrasah Diniyyah Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto. (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri, Purwokerto.

Stefanus M. Marbun. (2018). Psikologi Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sugiyanto dan Wahyuni, L. (2020). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogi). Malang: UB Press.

Sujarwo. (2015). Strategi Pembelajaran Partisipatif Bagi Belajar Orang Dewasa (Pendekatan Andragogi). Majalah Ilmiah Pembelajaran.

Tim Visi Yustisia. (2015). Kitab Undang-Undang Hukum Perdata & Kitab Undang-Undang Hukum Acara Perdata. Jakarta: Visimedia.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Downloads

Published

2022-06-12