Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Unit Toko Di Koperasi Kartika Ardagsema Kota Cimahi

Authors

  • Yayang Ayu Nuraeni SMK Bakti Ilham

DOI:

https://doi.org/10.4586/eksaccuracy.v1i1.8

Abstract

Dalam perekonomian suatu koperasi diharapkan dapat memperluas basis perekonomian yang mampu memberikan kontribusi yang besar dalam memberdayakan dan membangun ekonomi masyarakat. Seiring dengan berkembangnya zaman, ide pengembangan eksistensi koperasi dalam kondisi krisis ekonomi perlu dilakukan upaya untuk mendorong dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pembangunan koperasi. Hasil identifikasi masalah menunjukkan bahwa koperasi mengalami banyak hambatan yang membuat koperasi sulit berkembang. Hal tersebut disebabkan karena lemahnya keunggulan kompetitif dan strategi pemasaran dalam mengembangkan bisnisnya.  Maka dari itu untuk menghadapi situasi seperti ini, alternatif terbaik bagi koperasi adalah menghimpun kekuatan sendiri. Langkah tersebut dapat memungkinkan karena koperasi memiliki peluang yang cukup besar mengingat potensi ekonomi anggota koperasi walaupun kecil tetapi banyak dan tersebar luas sehingga mampu membentuk kekuatan yang cukup besar baik dalam aspek produksi, konsumsi maupun jasa-jasa. Penelitian ini mencoba untuk menguji pengaruh strategi pemasaran terhadap kinerja penjualan pada unit toko di koperasi serba usaha di Kota Cimahi dengan tujuan untuk mampu mengakomodasi pola-pola baru dalam menjalankan roda organisasi maupun usaha supaya koperasi mampu meningkatkan daya saingnya.

References

Rinawati .2019. Penguatan Strategi Pemasaran dan Daya Saing UMKM Berbasis Kemitraan Desa Wisata, Surabaya: CV Jakad Publishing

M. Joseph P Cannon .2008. Pemasaran Dasar Edisi 16 Pendekatan Manajerial Global, Jakarta: Salemba Empat

Firdausy .2018. Koeprasi Dalam Sistem Perekonomian Di Indonesia, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Shochrul Rohmatul Ajija (2020), Koperasi BMT: Teori, Aplikasi dan Inovasi, Cetakan kedua, Karanganyar: CV Inti Media Komunika

Suharyadi .2007. Kewirausahaan: Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda, Jakarta: Salemba Empat

Suryana .2018. Pengembangan Kewirausahaan Untuk Pemberdayaan UKM Daerah, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

M. Said .2019. Konsep dan Strategi Pemasaran, Makassar : CV Sah Media, 2019.

F. Rangkuti (2006), Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

R. Kasali .2007. Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting dan Positioning, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama,

Tjiptono, Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen, Bogor : PT Penerbit IPB Press, 2018.

Becherel .2008. Pemasaran Pariwisata Internasional: Sebuah Pendekatan Strategis, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

F. Nur'aini .2016. Teknik Analisis SWOT, Jakarta : Quadrant .

Marimin .2004. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk, Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2022-06-16