Manajemen Kurikulum Dan Penilaian Pendidikan Kejuruan Sekolah Pertanian Pembangunan Tanjungsari Kabupaten Sumedang
Keywords:
Kurikulum, Penilaian, Pendidikan Kejuruan Sekolah Pertanian Pembangunan.Abstract
Manajemen kurikulum adalah sebuah bentuk usaha atau upaya bersama untuk memperlancar pencapaian tujuan pengajaran khususnya usaha meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar. Dalam upaya – upaya tersebut diperlukan adanya evaluasi, perencanaan, dan pelaksanaan yang merupakan satuan rangkaian yang tidak dapat dipisahkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan kurikulum; (2) Pelaksanaan kurikulum; (3) evaluasi kurikulum yang diterapkan dalam proses manajemen kurikulum. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah stakeholder di SMK SPP Tanjungsari yaitu kepala program keahlian, guru, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Bukti validitas instrumen menggunakan validitas konstruk yaitu Expert Judgement dan validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komponen manajemen kurikulum dapat dikategorikan sangat baik dengan kategori aspek kerangka dasar kurikulum sangat baik, kategori aspek struktur kurikulum sangat baik, kategori aspek beban belajar sangat baik, dan kategori aspek kalender sangat baik. (2) Komponen manajemen pembelajaran dapat diktegorikan baik dengan capaian aspek perencanaan pembelajaran sebesar 80%, aspek pelaksanaan pembelajaran sebesar 100%, aspek penilaian hasil pembelajaran sebesar 70%, dan aspek pengawasaan pembelajaran sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan manajemen kurikulum dan pembelajaran si SPP Tanjungsari secara umum dapat dikategorikan baik.
References
Yamin Moh. 2012. Panduan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.
Hamalik Oemar. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah nomor 19 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta
Depdagri. 1999. Undang-undang nomor 22 tentang pemerintahan daerah. Jakarta
Muhaimin, dkk. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Radja Grafindo Persada.
Mulyono. 2011. Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad lobal, Malang, UIN-Maliki Press.
Moh Uzer Usman. 2003. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosada Karya.
Mudrajad Kuncoro. 2006. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif, Jakarta: Erlangga.
Muhammad. 2008. Metodologi Peneliian Ekonomi Islam, Jakarta: Rajawali Pers.
M. Dahlan R dan Rizcka Fatya Rahayu. 2021. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Pembalajaran Jarak Jauh, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah Vol. 6, No. 1, Januari-Juni 2021, diunduh 17 Januari 2022, pukul: 19.30 WIB.
Muhammad Alim. 2006. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran Dan Kepribadian Muslim, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mohammad Ali. 2008. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, L. J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Syaiful Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung, Alfabeta.
Sabri, H. A. 2010. Strategi Belajar Mengajar Dan Micro Teaching. Ciputat: Quantum Teaching.
Sufyarma. 2004. Kapita Selekta Manejemn Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Sutipyo Ru’iya, dkk. 2021. Upaya Meningkatkan Minat Belajar siswa di Masa Pandemi Covid-19 melalui media komik, Jurnal CommunityEmpowerment, Vol.6 No. 6 2021, diunduh 17 Agustus 2021, pukul: 13.00 WIB.
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakteik, Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. 2009. Metode PenelitianAdministrasi.EdisiRevisi, Bandung: Alfabeta.
Usman Husaini. 2010. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.











