Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Tekhnik Pencampuran Warna Di RA Al-I’anah Kosambi

Authors

  • Kumiko Azizah STIT Rakeyan Santang
  • Gina Kania STIT Rakeyan Santang
  • Evi Mayrawati Sari STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.3709/ilpen.v2i2.38

Keywords:

Kemampuan, Mengenal Warna, Tehnik, Pencampuran warna

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang upaya peningkatan Kemampuan anak dalam mengenal warna melalui teknik pencampuran warna di RA Al-Ianah Kosambi, karena kemampuan mengenal warna pada anak dinilai masih kurang sehingga diperlukan diadakannya penelitian. Kemudian subjek penelitiannya pada kelompok A dengan jumlah peserta didik 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki – laki dan 10 siswa perempuan. Adapun metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun hasil dari penelitian diperoleh data pada kondisi awal, jumlah siswa yang tuntas mencapai 20 % masih di bawah standar sehingga peneliti melakukan tindakan kelas. Setelah penerapan teknik pencampuran warna diperoleh data pada siklus I jumlah siswa yang tuntas bertambah menjadi 50 %,  namun hasil ini masih di bawah standar sehingga dilakukan kembali tindakan kelas pada siklus II. Hasil dari siklus II diperoleh data jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 80 %, ini  membuktikan bahwa penerapan teknik pencampuran warna dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna di RA Al-I’anah Kosambi.

Downloads

Published

2023-12-24