Meningkatkan Kinerja Guru Bahasa Indonesia Dalam Melaksanakan Pelajaran Bahasa Indonesia yang Bermutu

Authors

  • Cecep Wahyu Hoerudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.3709/ilpen.v1i2.36

Keywords:

Kinerja Guru, Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Mutu.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih belum optimalnya kinerja Guru dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Guru masih melakukan catat buku saja, selanjutnya menyuruh siswa mengerjakan soal tanpa memberi penjelasan tentang materi yang diajarkan. Pembelajaran yang seperti ini pastilah tidak efektif, menjadikan siswa malas dalam belajar dan cenderung membuat siswa melakukan kegiatan lain yang lebih menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan kinerja guru bahasa indonesia dalam melaksanakan pelajaran bahasa indonesia yang bermutu. Penelitian menggunakan pendekatan metode kualitatif berdasarkan penelitian lapangan, data penelitian dihimpun melalui observasi, wawancara, dokumentasi, analisis, reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas dalam pembelajaran sangat ditentukan oleh kualitas kinerja guru, karena pada dasarnya kinerja guru merupakan kinerja yang dilakukan guru dalam melaksanakan tugasnya di sekolah sebagai pendidik. Setiap tindakan atau pekerjaan yang dilakukan tentu ada yang mempengaruhi baik dalam diri sendiri maupun dari luar diri individu. Keberadaan guru dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya tidak lepas dari faktor yang mempengaruhinya.

Downloads

Published

2022-12-12