Islam dan Pengaruhnya Terhadap Kepemimpinan Pendidikan

Authors

  • Amit Saepul Malik Universitas Islam Nusantara
  • Mahmud Farid Universitas Islam Nusantara
  • Didin Wahidin Universitas Islam Nusantara
  • Hendi S. Muchtar Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.3709/ilpen.v1i2.13

Keywords:

Kepemimpinan, kepemimpinan pendidikan, kepemimpinan Islam.

Abstract

Islam merupakan agama yang memberi rahmat bagi seluruh semesta yang kehadirannya memberikan pengaruh positif terhadap seluruh aspek kehidupan termasuk dalam kepemimpinan pendidikan. Tujuan penulisan jurnal ini adalah: 1) untuk mengetahui hakikat kepemimpinan; 2) untuk mengetahui teori-teori kepemimpinan; 3) untuk mengetahui tipe-tipe gaya kepemimpinan; 4) untuk mengetahui kepemimpinan pendidikan; 5) untuk mengetahui fungsi kepemimpinan sekolah/ madrasah; 6) untuk mengetahui pengaruh islam terhadap kepemimpinan pendidikan; dan 7) untuk mengetahui indikator gaya kepemimpinan islami. Desain penelitian deskriptif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan. Hasil penelitian menginformasikan kepemimpinan merupakan kemampuan seseorang mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. Kepemimpinan memegang kunci terhadap arah, tujuan, serta tingkat keberhasilan dalam meraih tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Kepemimpinan pendidikan merupakan kemampuan untuk menggerakkan pelaksanaan pendidikan agar tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Untuk melahirkan seorang pemimpin yang bijaksana dan senantiasa melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya, haruslah mencontoh Rasulullah Saw karena Rasulullah merupakan suri tauladan bagi umat manusia. Tipe Ideal Pemimpin menurut Islam yakni shidiq (jujur), tablig (komunikatif), amanah (dapat dipercaya), dan fathanah (cerdas).

References

Baharuddin, A & Umiarso. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Ar-Ruz Media.

Burhanudin, A. (2014). Teori-Teori Kepemimpinan. https://afidburhanuddin.wordpress.com/2014/01/20/teori-teori-kepemimpinan/

Danim, S. (2010). Kepemimpinan Pendidikan. Alfabeta.

Kartono, K. (1998). Pemimpin dan Kepemimpinan, Apakah Pemimpin Abnormal ? PT Rajagafindo Persada.

Maksum, M. S. (2019). Kepemimpinan Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadist. Prosiding Seminar Internasional Dlam Rangka Kegiatan Studi Visit 2019 “Tantangan Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Islam Dan Bahasa Melayu Di Era Revolusi 4.0.”

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Remaja Rosdakarya.

Purwanto, M. N. (2004). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Remaja Karya.

Siagian, S. P. (1994). Organisasi, Kepemimpinan, Perilaku Administrasi. CV. Haji Mas Agung.

Downloads

Published

2022-07-02